PEMIKIRAN PENDIDIKAN MENURUT IBNU MISKAWAIH DAN IBNU SINA

  • SAHRODIN SAHRODIN

Abstract

Dengan daya pengenalan akal itu, jiwa mampu
membedakan antara yang benar dan yang tidak benar
berkaitan dengan hal-hal yang diperoleh panca indera.
Perbedaan itu dilakukan dengan jalan membandingbandingkan
obyek-obyek inderawi yang satu dengan
yang lain dan membeda-bedakannya.Dengan demikian,
jiwa bertindak sebagai pembimbing panca indera dan
membetulkan kekeliruan yang dialami panca indera.
Kesatuan aqliyah jiwa tercermin secara amat jelas, yaitu
bahwa jiwa itu mengetahui dirinya sendiri, dan
mengetahui bahwa ia mengetahui dirinya, dengan
demikian jiwa merupakan kesatuan yang di dalamnya
terkumpul unsur-unsur akal, subyek yang berpikir dan
obyek-obyek yang dipikirkan, dan ketiga-tiganya
merupakan sesuatu yang satu.

Published
2017-10-15
How to Cite
SAHRODIN, SAHRODIN. PEMIKIRAN PENDIDIKAN MENURUT IBNU MISKAWAIH DAN IBNU SINA. Jurnal An-Nur, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 134-153, oct. 2017. ISSN 2461-1158. Available at: <http://ejournal.staiannur.ac.id/index.php/annur/article/view/29>. Date accessed: 22 june 2018.
Section
Articles